Generasi Milenial, Ini Tips Liburan Hemat Untuk Anda

Generasi milenial atau generasi yang lahir di Era 80-an hingga 90-an memang identik dengan jiwa muda yang bebas. Di usia antara 20 hingga 40 tahun ini, para generasi milenial sedang aktif dalam bekerja dan juga banyak menghabiskan waktu untuk mengeksplorasi kemampuannya, seperti membuka usaha dan juga melakukan hobi kesukaannya. Generasi milenial yang juga identik dengan kehidupan yang foya-foya, ternyata tidak sepenuhnya benar. Seba, masih ada banyak orang dari generasi ini yang rela menabung dan investasi demi masa depan yang cerah.

Traveling Hemat Ala Generasi Milenial

Generasi milenial yang juga sangat dekat dengan perkembangan teknologi, salah satunya adalah media sosial ini juga sangat gemar menjelajah berbagai tempat untuk mendapatkan foto yang apik untuk dibagikan kepada khalayak ramai melalui Instagram. Bagi Anda yang juga termasuk dalam generasi milenial dan sangat menyukai kegiatan jalan-jalan atau travelling, ini dia tips hemat travelling bagi generasi milenial.

Mempertimbangkan Destinasi

Destinasi atau tujuan wisata adalah hal utama yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke suatu tempat. Sebagai generasi milenial yang masa depannya masih panjang, Anda tentu perlu mengambil pertimbangan tempat mana yang akan dikunjungi namun tidak menguras dompet Anda. Hal tersebut dikarenakan Anda tetap harus menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk menabung. Oleh karena itu, Anda harus bisa memperkirakan berapa budget yang dibutuhkan untuk biaya transportasi serta akomodasi selama berlibur. Belum lagi anggaran untuk belanja oleh-oleh.

Jika Anda ingin melakukan traveling ke luar negeri tentunya Anda juga membutuhkan biaya untuk mengurus paspor dan visa. Selain itu Anda juga perlu menghitung berapa kurs rupiah di negara tersebut. Jika Anda hanya ingin melakukan perjalanan di negeri sendiri tentu biaya mengurus visa dan paspor tidak dibutuhkan. Sehingga hal tersebut dapat menghemat pengeluaran Anda. Tetapi semua kembali ke anggaran yang Anda miliki.

Membuat Rincian Anggaran

Rincian anggaran adalah hal penting yang harus dimiliki sebelum memutuskan untuk melakukan travelling. Sebab, para generasi milenial biasanya sering “kalap” saat berbelanja di pusat perbelanjaan yang ada di kota atau daerah yang sedang dikunjungi. Oleh karena itu, Anda perlu membuat rincian anggaran dimulai dari biaya transportasi, biaya penginapan, makan, mengunjungi objek wisata, dan juga anggaran untuk berbelanja oleh-oleh di tempat wisata. Dengan menentukan rincian Anggaran yang detail, maka Anda tidak akan ketakutan akan kehabisan uang saat travelling. Selain itu pengeluaran anggaran Anda menjadi terkontrol.

Mempersiapkan Budget Sejak Jauh Hari

Bagi generasi milenial yang baru saja atau belum lama menapaki karier, tentu belum memiliki tabungan yang terlalu banyak bukan? Oleh karena itu, untuk budget travelling sebaiknya Anda sudah menabung dari jauh-jauh hari. Sebab, jika Anda mempersiapkan anggaran secara mendadak maka dikhawatirkan Anda akan kehabisan uang saat melakukan perjalanan mengunjungi tempat yang diinginkan. Membuat rincian anggaran dan mempersiapkan budget dari jauh-jauh hari akan membuat perjalanan travelling Anda menjadi tenang dan menyenangkan. Berdasarkan survey yang dilakukan terhadap kaum milenial menyatakan bahwa, rentang usia 20 hingga 30 tahun lebih suka melakukan perjalanan dalam waktu yang singkat namun ke beberapa tempat. Daripada melakukan perjalanan yang lama hanya pada satu tempat. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan budget dari jauh-jauh hari agar semua rencana yang Anda inginkan pada saat travelling bisa terlaksana tanpa khawatir dompet menipis.

Join Dengan Komunitas Traveler

Saking banyaknya orang yang gemar melakukan travelling, saat ini ada banyak komunitas traveler yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan berbagai informasi tentang negara atau tempat yang ingin Anda kunjungi. Dengan bergabung dengan komunitas traveler maka Anda akan mendapatkan berbagai informasi secara detail tentang biaya yang dibutuhkan, tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi, serta larangan-larangan yang harus Anda hindari saat mengunjungi negara tersebut. Mereka juga akan membantu Anda dalam menyusun itinerary sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan budget saat berada di negara yang Anda tuju.

Membuka Jasa Titip

Ketika Anda mengunjungi sebuah kota atau negara yang banyak peminat kenapa tidak coba untuk membuka jasa titip? Biasanya suatu negara yang memiliki banyak penggemar seperti Korea, Jepang, atau Amerika memiliki ciri khas makanan atau benda-benda unik yang bisa jika Anda membuka jasa titip untuk membeli barang-barang tersebut maka akan banyak peminat. Jika Anda bisa menemukan toko yang menjual barang-barang tersebut dengan harga yang murah maka Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari jasa titip tersebut tentunya bisa Anda pergunakan untuk membeli barang yang Anda inginkan di negara tersebut.

Giat Mencari Promo

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghemat anggaran saat traveling adalah dengan rajin-rajin mencari informasi tentang promo hotel atau pesawat. Biasanya pada momen-momen tertentu maskapai-maskapai penerbangan mengadakan promo tiket pesawat yang bisa membuat Anda semakin menghemat anggaran traveling. Selain itu, di negara-negara tertentu juga biasanya terdapat promo hotel ataupun promo makan di restoran-restoran favorit. Dengan rajin mencari promo maka Anda bisa menghemat anggaran sehingga sisa anggaran tersebut bisa Anda tabung. Sebagai generasi milenial yang sangat mengetahui dunia teknologi dan informasi tentunya kita harus bisa memanfaatkan setiap kesempatan untuk menghemat pengeluaran kita demi masa depan yang cerah. Jangan sampai di usia kita yang masih muda ini, kita menghabiskan banyak uang hanya untuk kesenangan semata tanpa mempertimbangkan investasi atau menabung demi masa depan.