Travelling Sendirian? Siapa Takut, Ini 7 Tips Aman Dan Nyaman Solo Traveling

Beberapa tahun terakhir terutama saat kemunculan Instagram mulai semakin banyak digemari masyarakat dunia, minat masyarakat untuk melakukan traveling juga semakin meningkat. Hal ini dikarenakan, para penggemar Instagram ingin mendapatkan foto dengan spot yang sedang hits atau menjadi trending topic. Agen tour juga semakin banyak diminati, karena kita bisa menjelajah berbagai negara hanya cukup dengan membayar sejumlah biaya kepada agen tour yang terpercaya. Namun tidak sedikit orang juga lebih memilih untuk “ngebolang” alias melakukan traveling sendirian.

Tips Solo Traveling

Melakukan perjalanan mengunjungi suatu kota atau negara tertentu sendiri bisa disebut dengan solo traveling. Solo traveling memang memberikan sensasi berbeda jika kita mengunjungi suatu kota atau negara dengan menggunakan jasa agen tour atau bersama dengan teman atau saudara. Namun, solo traveling tentunya membutuhkan persiapan baik mental maupun finansial dengan sebaik-baiknya. Sebab, jika Anda tidak mempersiapkannya secara matang, maka bisa-bisa Anda akan kehabisan uang di sana atau kebingungan mencari rute perjalanan saat melakukan wisata.

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk melakukan solo traveling namun merasa takut dan cemas dengan apa yang akan terjadi jika Anda berada di sebuah kota atau negara yang baru pertama kali dikunjungi, maka Anda perlu mempersiapkan perjalanan tunggal Anda dengan sebaik-baiknya.

Melakukan Riset

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan solo traveling, maka ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu mengenai tiket pesawat, tarif hotel, biaya makan, tarif transportasi selama di sana, dan juga tarif masuk ke tempat-tempat wisata. Bagaimana caranya untuk mengetahui semua hal tersebut? Anda perlu memanfaatkan mesin pencari untuk mengetahui informasi-informasi tentang hal-hal tadi. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas backpaker atau forum traveler sehingga Anda bisa memperoleh informasi dari mereka yang memang sudah benar-benar memiliki pengalaman menjelajah kota atau negara tersebut.

Menyusun Rencana Dan Anggaran

Ketika Anda sudah memperoleh banyak informasi tentang transportasi dan akomodasi serta tempat wisata yang ada di kota atau negara yang ingin dituju, maka Anda bisa mulai untuk menyusun rencana serta anggaran yang akan digunakan selama melakukan solo traveling. Anda harus bisa menyusun rencana konkret dari mulai Anda tiba di kota atau negara tersebut kemudian menjelajah tempat-tempat wisata yang ada, menu makanan yang ingin dicoba, serta jadwal kepulangan Anda. Dengan adanya rencana dan anggaran yang tersusun dengan baik, maka Anda tidak akan kehabisan waktu hanya untuk mengunjungi satu tempat wisata saja. Sebab, Anda telah memiliki time schedule yang telah dipersiapkan dari sebelum keberangkatan. Selain itu, dengan adanya anggaran yang telah direncanakan, maka Anda juga tidak akan sampai kehabisan uang saat solo traveling.

Packing Dengan Serapi Dan Seringan Mungkin

Ketika Anda melakukan solo traveling tentunya Anda akan mengangkat koper serta barang-barang bawaan sendiri. Kecuali pada saat berada di bandara atau stasiun Anda bisa meminta jasa porter. Oleh karena itu, jika Anda sudah memutuskan untuk solo traveling maka Anda harus mengemas pakaian serta barang-barang lainnya dengan serapi dan seringan mungkin. Bawalah pakaian serta keperluan lainnya yang memang betul-betul penting. Sebab, jika Anda membawa barang-barang yang kurang penting maka justru akan membuat Anda kerepotan sendiri. Anda bisa mencuci pakaian saat melakukan traveling, jadi tidak perlu membawa terlalu banyak pakaian.

Menginap Di Hostel

Saat Anda melakukan solo traveling namun ingin tetap memiliki teman saat berada di kota atau negara tujuan, maka Anda bisa memilih hostel dalam bentuk homogen atau campur yang memiliki ruangan bersama seperti dapur atau ruang TV. Dengan memilih hostel yang memiliki ruang bersama, maka Anda akan menemukan teman baru di tempat yang baru pula. Tentunya Anda tidak akan betul-betul merasa kesepian.

Melakukan Perjalanan Di Siang Hari

Melakukan solo traveling tentunya membutuhkan kesiapan mental dan fisik yang baik. Sebab, kita akan mengandalkan diri kita sendiri selama berada di tempat tersebut. Jika Anda memilih untuk melakukan solo traveling, maka pastikan Anda sampai di kota tersebut pada pagi atau siang hari. Sebab, transportasi umum tentunya akan lebih mudah dicari saat siang hari. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah menemukan lokasi yang Anda tuju saat siang hari. Jika Anda baru sampai di malam harinya, maka dikhawatirkan Anda akan mengalami kesulitan dalam mencari lokasi tujuan.

Membawa Dompet Kartu Dan Koin

Saat Anda melakukan perjalanan sendirian alias solo traveling, maka Anda harus memisahkan dompet yang berisi koin dengan yang berisi kartu identitas, kartu ATM, dan juga surat-surat penting lainnya. Saat Anda melakukan solo traveling maka sangat penting untuk membagi uang di dompet yang Anda kantongi dengan yang ada di tas. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika Anda mengalami kecopetan saat melakukan perjalanan.

Mencatat Nomor-Nomor Penting

Mungkin Anda memang telah mencatat seluruh nomor penting di ponsel Anda. namun, saat melakukan solo traveling sebaiknya Anda juga mencatatnya di buku kecil yang selalu Anda bawa. Hal tersebut untuk mengantisipasi apabila ponsel Anda hilang atau dicuri. Dengan cara tersebut, maka Anda akan tetap bisa menghubungi keluarga Anda yang berada di rumah.

Dengan melakukan persiapan solo traveling secara matang, maka perjalanan Anda akan lebih nyaman dan tenang. Tentunya Anda juga harus mempersiapkan kesehatan fisik agar jangan sampai jatuh sakit saat melakukan solo traveling. Kemana pun tujuan Anda, ingatlah untuk selalu berdoa agar berada dalam lindungan Tuhan.